Minggu, 20 Januari 2013

PROPOSAL PEMBUATAN APLIKASI E-LEARNING UNIVERSITAS GUNADARMA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA



PT. SUKA MAJU


PROFILE PERUSAHAAN
2013

Nama Perusahaan                     :           Suka Maju
Status Perusahaan                     :           Perseroan Terbatas, PT
Bidang Usaha                           :           Pembuatan dan pengembangan sistem aplikasi
Alamat Kantor                          :           Jl. Indah Sekali No.20, Bekasi
Referensi Proyek                      :                                                                      -     Proyek Pengembangan Sistem Aplikasi Inventory Management
-      Pembuatan Website Percetakan

Manajemen Perusahaan            :           Bayu Tri Anggoro (Presiden Komasaris)
                                                            Japar Iskandar (Komisaris)
                                                            Aris Umboro (Presiden Direktur)
                                                            Aryo Fajar (General Manager)
                                                            Haris Fadillah (Staff IT)
                                                            

            LATAR BERLAKANG
Universitas Gunadarma adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terdapat di Indonesia. Universitas Gunadarma mempunyai visi dan misi adalah sebagai berikut :




Berdasarkan kemajuan dunia IT yang semakin bertambah pesat semenjak hadirnya sebuah teknologi jaringan global yang menghubungkan ratusan bahkan ribuan jaringan local diseluruh dunia yang kemudian lebih dikenal dengan istilah internet. Beragam kemudahan dan kesempatan yang ditawarkan oleh teknologi internet ini telah menembus berbagai aspek kehidupan umat manusia sehingga wajar jika kemudian media ini menjadi sorotan publik baik untuk kepentingan yang bersifat profit maupun non profit.
Perkembangan aplikasi teknologi informasi di dunia pendidikan, memacu munculnya kegiatan e-learning. Oleh karena itu, Universitas Gunadarma jurusan teknik informatika akan menerapkan salah satu aplikasi dibidang pendidikan, yaitu aplikasi e-learning. Diterapkannya sistem aplikasi e-learning ini dikarenakan dari beberapa faktor yang terjadi seperti dosen yang berhalangan hadir pada saat jam mata kuliah berlangsung, dan untuk menjadi media tempat pengembangan potensi mahasiswa diluar mata kuliah.
Dari beberapa faktor yang telah disebutkan diatas , dapat menarik kesimpulan mengenai suatu peluang pembuatan e-learning di Universitas Gunadarma Jurusan Teknik Informatika sebagai pengganti mata kuliah yang tidak berjalan secara efektif dikelas atau dikarenakan dosen yang berhalangan hadir serta sebagai media atau sarana pengembangan potensi mahasiswa. Dengan menerapkan aplikasi e-learning ini, diharapkan dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran, dan menarik mahasiswa untuk menggunakan aplikasi e-learning ini sebagai sarana atau media dalam pengembangan potensi yang terdapat pada diri mahasiswa.

RUANG LINGKUP PROYEK SISTEM

Proyek aplikasi e-learning Universitas Gundarma Jurusan Teknik Informatika yang akan dibangun memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai berikut:
  • Proses analisis kebutuhan aplikasi e-learning berbasis web. 
  • Perancangan aplikasi. 
  •  Pembuatan program aplikasi. 
  •  Implementasi rancangan dan program aplikasi. 
  •  Pengujian aplikasi e-learning sampai dengan penerapan sistem informasi ini secara memuaskan.


MANFAAT PEMBUATAN APLIKASI
Manfaat dari pembuatan aplikasi ini adalah sebagai berikut :
  1. Mempermudah mahasiswa untuk melakukan praktek, latihan, dan membaca materi mata kuliah secara online dari modul-modul yang sudah disiapkan. 
  2.  Meningkatkan pengembangan terhadap potensi (softskill) yang terdapat di dalam diri mahasiswa.
  3. Meningkatkan efektifitas pembelajaran. 
  4. Menghemat biaya dan waktu.  
  5. Tidak terbatas pada jarak, karena menggunakan aplikasi e-learning berbasis web.
     
          BATASAN MASALAH
Aplikasi e-learning yang direncanakan mempunyai batasan-batasan yang mencakup dana, dan waktu. Berikut ini gambaran lengkap mengenai batasan masalah pada aplikasi e-learning ini:
  1. Dana
      Besarnya dana yang disediakan untuk pembuatan aplikasi e-learning Universitas Gunadarma Jurusan Sistem Informasi adalah tidak lebih dari Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah). 
            2. Waktu
Semua proyek aplikasi e-learning yang direncanakan harus selesai dan dioperasikan selambat-lambatnya 1 tahun dari sejak waktu pengusulan aplikasi ini.

KEGIATAN PEMBUATAN APLIKASI E-LERNING YANG AKAN DILAKUKAN

  1. Pendefinisian lingkup proyek  
  2. Analisa permasalahan 
  3. Analisa kebutuhan
  4. Desain 
  5. Pengintegrasian sistem 
  6. Penerapan sistem ke dalam perangkat lunak dan perangkat keras  
  7. Testing sistem 
  8. Maintenance dari sistem


METODOLOGI PEMBUATAN APLIKASI
Aplikasi ini akan menggunakan metode pembuatan sistem yang berupa analisis dan desain terstruktur, diantaranya:
  1. Flowchart sistem 
  2. Bagan terstruktur database 
  3. Logika pemrograman


MODUL PEMBUATAN
  1.  Modul materi 
  2. Modul kuis 
  3. Modul diskusi



ILUSTRASI ARSITEKTUR APLIKASI




Setiap mahasiswa akan melakukan pembelajaran e-learning dirumah atau di publik area (warnet atau area hotspot) melalui ISP, karena kita membuat e-learning ini pada Universitas Gunadarma, maka kita tidak perlu lagi menggunakan ISP, melainkan menggunakan IP Public yang dimiliki oleh server Gunadarma. Dalam hal ini, IP Public tersebut terdapat pada penyedia layanan internet. Setiap mahasiswa tidak langsung terhubung dengan server utama, namun terlebih dulu terhubung dengan server kedua, dimana server kedua tempat untuk pengecekan data apa yang diminta oleh mahasiswa. Setelah selesai melakukan pengecekan data, maka diteruskan ke server utama, dimana server utama sebagai tempat untuk melakukan pemrosesan data. Hal ini akan lebih meningkatkan keamanan sistem dan data sebab user lain yang tidak bersangkutan atau tidak diinginkan tidak akan bisa mengganggu integritas data pada server utama.

TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN
  1. Server Operating System         : Windows Server 2008 
  2.  Client Operating System          : Windows 7 Enterprise 
  3.  Deployment Server                 : IIS 7 web server 
  4.  Programming Language           : PHP 
  5.  Database Engine                     : Microsoft SQL 2008

           KEBUTUHAN HARDWARE


KEBUTUHAN SOFTWARE




TENAGA PELAKSANA

Untuk membuat Aplikasi E-learning Universitas Gunadarma Jurusan Sistem Informasi ini, maka dibutuhkan tim pengembang yang kompeten di bidangnya masing-masing, sebagai berikut:
1.      Project Manager & System Analyst       : Aditya Alam
2.      Database Engineer                                          : Angelina Vendy . A.
3.      Desain Engineer                                              : Qory Cahya Puspita
4.      Software Engineer                                          :  Kiki Novia
5.      Network Engineer                                           : Andy Sukmawan
6.      Technical Writer                                              : Agustien Wilujeng dan Zia Khalidah

RANCANGAN BIAYA APLIKASI E-ELERNING


JADWAL PELAKSANA




PENILAIAN KELAYAKAN APLIKASI E-LEARNING

Untuk alternatif yang diajukan akan dinilai kelayakannya berdasarkan kelayakan yang meliputi kelayakan teknik, operasi, jadwal, dan ekonomi.
n   
      1.   Kelayakan Teknik


Solusi yang diajukan secara teknik adalah secara teknik adalah layak.

                       2.    Kelayakan Operasi



Secara operasi kemampuan sistem ini adalah baik. Efisiensi dari sistem ini baik karena pemrosesan data tidak dibebankan kepada sebuah server saja melainkan pengecekan data dilakukan oleh server yang lain. Dari sisi keamanan data adalah baik karena user tidak akan langsung berhubungan dengan server utama sehingga integritas dan kerahasiaan data menjadi terjamin.

 3.   Kelayakan Jadwal



Secara kelayakan jadwal, sistem ini telah memenuhi batasan waktu yang telah ditetapkan yaitu waktu maksimal pembuatan aplikasi adalah 1 tahun.

      4.   Kelayakan Ekonomi

S

Secara kelayakan ekonomi aplikasi ini telah memenuhi biaya yang ditetapkan yaitu tidak lebih dari Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah).

REFERENSI

[1] www.rakitan.com
[2] www.bhineka.com

   LAMPIRAN
Spesiifikasi Hardware

      1.   Server

            Tipe                          :      HP ProLiant ML330 G6 600911-371
Processor                 :      Intel® Xeon® Processor E5620 (2.4 GHz)
Cache Memory         :      4MB (1 x 4MB) Level 3 cache Memory
Memory                 :    4GB (2 x 2 GB) PC3-10600R (DDR3-1333) Registered DIMMs
Network Controller   :    Embedded NC326i PCI Express Dual Port Gigabit Server Adapter
Storage Controller     :   HP Smart Array B110i SATA RAID Controller (RAID 0/1/0+1)
Hard Drive                :      8 Slot HDD
Optical Drive          :      HP Half-Height SATA DVD-ROM Optical Drive Power
Supply                       :      460 Watt power supply (NHP, Non Redundant)
Fans                          :      3 fans ship standard
Form Factor              :      Tower (5U)
Warranty               :    Server Warranty includes 3-Years Next Business Day Parts   replacement, 0-Years Labor, 0-Years Onsite support.
            Price                          :      Rp 19.762.500
  
      2.  Monitor

Tipe                             :      DELL IN1930 LED
Screen Size                  :      18”
Price                            :      Rp. 1.020.000,-



     3.     Keyboard

Tipe                             :       LOGITECH K400 Wireless
Price                            :       Rp. 350.000,-
4      4.  Mouse

Tipe                             :       LOGITECH M235
Price                            :       Rp. 147.000,-

     5.     External Hardrive

Tipe                             :       SEAGATE 3TB FREE AGENT
Class                            :       Hardrive External
Interface                      :       USB 2.0
Price                            :       Rp. 1.868.000,-


      SUMBER 1






r

Tidak ada komentar:

Posting Komentar