PT. SUKA MAJU
PROFILE PERUSAHAAN
2013
Nama
Perusahaan
: Suka Maju
Status
Perusahaan
: Perseroan
Terbatas, PT
Bidang
Usaha
: Pembuatan dan
pengembangan sistem aplikasi
Alamat
Kantor
: Jl.
Indah Sekali No.20, Bekasi
Referensi
Proyek
:
- Proyek Pengembangan Sistem Aplikasi Inventory
Management
- Pembuatan
Website Percetakan
Manajemen
Perusahaan
: Bayu Tri Anggoro
(Presiden Komasaris)
Japar Iskandar (Komisaris)
Aris Umboro (Presiden Direktur)
Aryo Fajar (General Manager)
Haris Fadillah (Staff IT)
LATAR
BERLAKANG
Universitas Gunadarma adalah sebuah perguruan tinggi
swasta yang terdapat di Indonesia. Universitas Gunadarma mempunyai visi dan
misi adalah sebagai berikut :
Berdasarkan
kemajuan dunia IT yang semakin bertambah pesat semenjak hadirnya sebuah
teknologi jaringan global yang menghubungkan ratusan bahkan ribuan jaringan
local diseluruh dunia yang kemudian lebih dikenal dengan istilah internet.
Beragam kemudahan dan kesempatan yang ditawarkan oleh teknologi internet ini
telah menembus berbagai aspek kehidupan umat manusia sehingga wajar jika
kemudian media ini menjadi sorotan publik baik untuk kepentingan yang bersifat
profit maupun non profit.
Perkembangan
aplikasi teknologi informasi di dunia pendidikan, memacu munculnya kegiatan
e-learning. Oleh karena itu, Universitas Gunadarma jurusan teknik informatika
akan menerapkan salah satu aplikasi dibidang pendidikan, yaitu aplikasi
e-learning. Diterapkannya sistem aplikasi e-learning ini dikarenakan dari
beberapa faktor yang terjadi seperti dosen yang berhalangan hadir pada saat jam
mata kuliah berlangsung, dan untuk menjadi media tempat pengembangan potensi
mahasiswa diluar mata kuliah.
Dari beberapa
faktor yang telah disebutkan diatas , dapat menarik kesimpulan mengenai suatu
peluang pembuatan e-learning di Universitas Gunadarma Jurusan Teknik
Informatika sebagai pengganti mata kuliah yang tidak berjalan secara efektif
dikelas atau dikarenakan dosen yang berhalangan hadir serta sebagai media atau
sarana pengembangan potensi mahasiswa. Dengan menerapkan aplikasi e-learning
ini, diharapkan dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran, dan menarik
mahasiswa untuk menggunakan aplikasi e-learning ini sebagai sarana atau media dalam
pengembangan potensi yang terdapat pada diri mahasiswa.
RUANG LINGKUP
PROYEK SISTEM
Proyek
aplikasi e-learning Universitas Gundarma Jurusan Teknik Informatika yang akan
dibangun memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai
berikut:
- Proses analisis kebutuhan aplikasi e-learning berbasis
web.
- Perancangan aplikasi.
- Pembuatan program
aplikasi.
- Implementasi
rancangan dan program aplikasi.
- Pengujian aplikasi
e-learning sampai dengan penerapan sistem informasi ini secara memuaskan.
MANFAAT
PEMBUATAN APLIKASI
Manfaat dari
pembuatan aplikasi ini adalah sebagai berikut :
- Mempermudah mahasiswa untuk melakukan praktek, latihan,
dan membaca materi mata kuliah secara online dari modul-modul yang sudah
disiapkan.
- Meningkatkan
pengembangan terhadap potensi (softskill) yang terdapat di dalam diri
mahasiswa.
- Meningkatkan efektifitas pembelajaran.
- Menghemat biaya dan waktu.
- Tidak terbatas pada jarak, karena menggunakan aplikasi
e-learning berbasis web.
BATASAN
MASALAH
Aplikasi e-learning yang direncanakan mempunyai
batasan-batasan yang mencakup dana, dan waktu. Berikut ini gambaran lengkap
mengenai batasan masalah pada aplikasi e-learning ini:
- Dana
Besarnya dana yang disediakan untuk pembuatan aplikasi e-learning Universitas
Gunadarma Jurusan Sistem Informasi adalah tidak lebih dari Rp. 1.000.000.000,-
(satu milyar rupiah).
2. Waktu
Semua proyek aplikasi e-learning yang
direncanakan harus selesai dan dioperasikan selambat-lambatnya 1 tahun dari
sejak waktu pengusulan aplikasi ini.
KEGIATAN
PEMBUATAN APLIKASI E-LERNING YANG AKAN DILAKUKAN
- Pendefinisian lingkup proyek
- Analisa permasalahan
- Analisa kebutuhan
- Desain
- Pengintegrasian sistem
- Penerapan sistem ke dalam perangkat lunak dan perangkat
keras
- Testing sistem
- Maintenance dari sistem
METODOLOGI PEMBUATAN APLIKASI
Aplikasi ini akan menggunakan metode pembuatan
sistem yang berupa analisis dan desain terstruktur, diantaranya:
- Flowchart sistem
- Bagan terstruktur database
- Logika pemrograman
MODUL PEMBUATAN
- Modul materi
- Modul kuis
- Modul diskusi
ILUSTRASI ARSITEKTUR APLIKASI
Setiap mahasiswa akan melakukan
pembelajaran e-learning dirumah atau di publik area (warnet atau area hotspot)
melalui ISP, karena kita membuat e-learning ini pada Universitas Gunadarma,
maka kita tidak perlu lagi menggunakan ISP, melainkan menggunakan IP Public
yang dimiliki oleh server Gunadarma. Dalam hal ini, IP Public tersebut terdapat
pada penyedia layanan internet. Setiap mahasiswa tidak langsung terhubung
dengan server utama, namun terlebih dulu terhubung dengan server kedua, dimana
server kedua tempat untuk pengecekan data apa yang diminta oleh mahasiswa.
Setelah selesai melakukan pengecekan data, maka diteruskan ke server utama,
dimana server utama sebagai tempat untuk melakukan pemrosesan data. Hal ini akan
lebih meningkatkan keamanan sistem dan data sebab user lain yang tidak
bersangkutan atau tidak diinginkan tidak akan bisa mengganggu integritas data
pada server utama.
TEKNOLOGI
YANG DIGUNAKAN
- Server Operating System
: Windows Server 2008
- Client Operating
System : Windows 7 Enterprise
- Deployment
Server
: IIS 7 web server
- Programming
Language : PHP
- Database
Engine
: Microsoft SQL 2008
KEBUTUHAN SOFTWARE
TENAGA PELAKSANA
Untuk membuat
Aplikasi E-learning Universitas Gunadarma Jurusan Sistem Informasi ini, maka
dibutuhkan tim pengembang yang kompeten di bidangnya masing-masing, sebagai
berikut:
1. Project
Manager & System Analyst : Aditya Alam
2. Database
Engineer
: Angelina Vendy . A.
3. Desain
Engineer
: Qory Cahya Puspita
4. Software
Engineer
: Kiki Novia
5. Network
Engineer
: Andy Sukmawan
6. Technical
Writer
: Agustien Wilujeng dan Zia
Khalidah
JADWAL PELAKSANA
PENILAIAN KELAYAKAN APLIKASI E-LEARNING
Untuk
alternatif yang diajukan akan dinilai kelayakannya berdasarkan kelayakan yang
meliputi kelayakan teknik, operasi, jadwal, dan ekonomi.
n
1. Kelayakan Teknik
Solusi yang diajukan
secara teknik adalah secara teknik adalah layak.
2.
Kelayakan Operasi
Secara operasi kemampuan sistem ini adalah baik.
Efisiensi dari sistem ini baik karena pemrosesan data tidak dibebankan kepada
sebuah server saja melainkan pengecekan data dilakukan oleh server yang lain.
Dari sisi keamanan data adalah baik karena user tidak akan langsung berhubungan
dengan server utama sehingga integritas dan kerahasiaan data menjadi terjamin.
Secara kelayakan jadwal, sistem ini telah
memenuhi batasan waktu yang telah ditetapkan yaitu waktu maksimal pembuatan
aplikasi adalah 1 tahun.
S
Secara kelayakan ekonomi aplikasi ini telah
memenuhi biaya yang ditetapkan yaitu tidak lebih dari Rp. 1.000.000.000,- (satu
milyar rupiah).
REFERENSI
[1] www.rakitan.com
[2] www.bhineka.com
LAMPIRAN
Spesiifikasi Hardware
1. Server
Tipe : HP ProLiant ML330 G6 600911-371
Processor : Intel® Xeon® Processor E5620 (2.4 GHz)
Cache Memory : 4MB (1 x 4MB) Level 3 cache Memory
Memory : 4GB (2 x 2 GB) PC3-10600R (DDR3-1333) Registered DIMMs
Network Controller : Embedded NC326i PCI Express Dual Port Gigabit Server Adapter
Storage Controller : HP Smart Array B110i SATA RAID Controller (RAID 0/1/0+1)
Hard Drive : 8 Slot HDD
Optical Drive : HP Half-Height SATA DVD-ROM Optical Drive Power
Supply : 460 Watt power supply (NHP, Non Redundant)
Fans : 3 fans ship standard
Form Factor : Tower (5U)
Warranty : Server Warranty includes 3-Years Next Business Day Parts replacement, 0-Years Labor, 0-Years Onsite support.
Price : Rp 19.762.500
2. Monitor
Tipe : DELL IN1930 LED
Screen Size : 18”
Price : Rp. 1.020.000,-
3. Keyboard
Tipe : LOGITECH K400 Wireless
Price : Rp. 350.000,-
4 4. Mouse
Tipe : LOGITECH M235
Price : Rp. 147.000,-
5. External Hardrive
Tipe : SEAGATE 3TB FREE AGENT
Class : Hardrive External
Interface : USB 2.0
Price : Rp. 1.868.000,-
r
Tidak ada komentar:
Posting Komentar